Cara Mengakses SSH Server Tanpa Password dengan SSH Key

Sederhananya SSH key merupakan metode untuk melakukan remote SSH tanpa harus memasukan sandi/password pengguna, jadi proeses otentifikasi dilakukan menggunakan public key. SSH clinet membuat ssh keygen kemudian menngcopy kenya ke server SSH tujuan.

Baca juga :  Instalasi dan Konfigurasi  SSH di  Ubuntu Untuk Pemula

Dalam proses pembuatan ssh keygen kali ini akan menggunakan ubuntu. Berikut ini adalah tahapan membuat ssh key sehingga kita bisa melakukan koneksi ke server tanpa harus memasukan password

  1. Buat SSH Key Gen : Gunakan perintah ssh-keygen untuk membuat kunci ssh

    ssh-keygen -t rsa -b 4096


    atau bisa tambahkan parameter comment dengan email, misal

    ssh-keygen -t rsa -b 4096 “youremail@gmail.com”


    Setelah kunci SSH dihasilkan, kita perlu menambahkan kunci publik ke server SSH yang ingin Anda akses

  2. Menyalin Kunci Publik ke Server: Gunakan perintah ssh-copy-id untuk menyalin kunci publik ke server:     

    ssh-copy-id username@your_server_ip


    Nanti kita akan diminta memasukkan kata sandi untuk akun pengguna di server.

  3. Menghubungkan ke Server Menggunakan Kunci SSH: Setelah kunci publik ditambahkan ke server, Kita dapat menghubungkan ke server menggunakan kunci SSH:   

    ssh username@your_server_ip

Penjelasan Perintah

ssh-keygen adalah alat untuk membuat, mengelola, dan mengubah kunci otentikasi untuk SSH (Secure Shell). Berikut adalah rincian dari opsi-opsi yang digunakan dalam perintah ini:

  • -t rsa: Menentukan jenis algoritma enkripsi yang akan digunakan. Dalam hal ini, rsa (Rivest-Shamir-Adleman) adalah algoritma yang dipilih untuk membuat kunci SSH. RSA adalah salah satu algoritma enkripsi yang paling umum digunakan untuk SSH.
  •  -b 4096: Menentukan panjang kunci dalam bit. Di sini, kunci akan memiliki panjang 4096 bit, yang memberikan keamanan lebih tinggi dibandingkan panjang kunci yang lebih pendek seperti 2048 bit.
  • -C "your_email@example.com": Menambahkan komentar ke kunci. Biasanya, komentar ini berupa alamat email Kita atau beberapa informasi lain yang berguna untuk mengidentifikasi kunci tersebut. Ini berguna ketika Kita memiliki beberapa kunci dan ingin membedakannya dengan mudah.

Ringkasan

Perintah ssh-keygen -t rsa -b 4096 -C "your_email@example.com" digunakan untuk membuat sepasang kunci SSH (publik dan pribadi) menggunakan algoritma RSA dengan panjang kunci 4096 bit dan menambahkan komentar berupa email untuk identifikasi. Kunci SSH ini kemudian digunakan untuk autentikasi yang aman saat mengakses server SSH tanpa perlu memasukkan kata sandi setiap kali.


0 Response to "Cara Mengakses SSH Server Tanpa Password dengan SSH Key"

Post a Comment

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin