Aplikasi Manajemen Laporan Kerusakan Sarana dan Prasarana Berbasis Web
Aplikasi Manajemen Laporan Kerusakan Sarana dan Prasarana Berbasis Web yang dibuat menggunakan PHP, aplikasi ini digunakan untuk melakukan manajemen laporan kerusakan sarana dan prasarana pada sebuah instansi atau perusahaan. Dalam contoh kasus tertentu aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pelaporan kerusakan sarana prasarana pada rumah sakit, sekolah, perusahaan dll. Laporan kerusakan bisa dilaporkan secara langsung melalui aplikasi oleh setiap petugas/divisi masing - masing instansi/perusahaan kemudian nanti teknisi yang berada diruang tunggu bisa melihat laporan gangguan secara realtime. Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan, laporan kerusakan sarana dan prasarana lebih termanaje, baik itu dari segi penanganan maupun pelaporan.
Rekomendasi terbaru : Aplikasi Manajemen Laporan Kerusakan Sarana dan Prasarana versi 3
Fitur Aplikasi
Aplikasi ini sendiri terdiri dari beberapa pengguna, yaitu administrator, admin unit, teknisi/petugas dan kepala bagian. Setiap pengguna yang terlibat dalam aplikasi ini memiliki fitur atau hak akses yang berbeda, sehingga fitur setiap pengguna terbagi menjadi 4 bagian diantaranya :
Administrator
Administrator memiliki hak akses penuh khususnya untuk manajemen user yang tergabung kedalam aplikasi, berikut ini adalah fitur yang terdapat pada pengguna admin :
Admin Unit merupakan istilah untuk unit / divisi yang berada disebuah perusahaan/instanasi, nantinya setiap divisi pada perusahaan/instansi akan memiliki akses ke aplikasi untuk melakukan pelaporan gangguan atau kerusakan sarana prasarana yang terdapat pada divisinya masing – masing. Adapun fitur dari admin unit adalah sebagai berikut :
Petugas
Petugas atau Divisi Teknisi yang menangangi gangguan, ketika ada salah satu divisi / unit yang mengalami gangguan, maka mereka akan melihat pemberitahuan pengaduan secara realtime pada notifikasi untuk selanjutnya diambil tindakan penangan secara langsung. Adapun fitur yang terdapat pada petugas adalah sbb :
Kepala Bagian (Kabag)
Support :
PHP 5 s.d 7+, MySQL/MariaDB
Metode / Gaya Penulis Kode :
PHP OOP
Framework Template:
AdminLTE
Fitur Aplikasi
Aplikasi ini sendiri terdiri dari beberapa pengguna, yaitu administrator, admin unit, teknisi/petugas dan kepala bagian. Setiap pengguna yang terlibat dalam aplikasi ini memiliki fitur atau hak akses yang berbeda, sehingga fitur setiap pengguna terbagi menjadi 4 bagian diantaranya :
Administrator
Administrator memiliki hak akses penuh khususnya untuk manajemen user yang tergabung kedalam aplikasi, berikut ini adalah fitur yang terdapat pada pengguna admin :
- Menambah, mengedit dan menghapus pengguna yaitu admin unit, petugas dan kabag (kepala bagian)
- Melihat laporan pengaduan, baik itu yang belum diproses, sudah diproses berhasil diperbaiki dan tidak berhasil diperbaiki oleh petugas. Lalu juga Melihat detail unit/divisi mana yang melapor dan juga siapa petugas yang memperbaikinya
- Pengaturan untuk identutas pada aplikasi, seperti nama situs/aplikasi, nama admin pengelola dan kontaknya
Admin Unit merupakan istilah untuk unit / divisi yang berada disebuah perusahaan/instanasi, nantinya setiap divisi pada perusahaan/instansi akan memiliki akses ke aplikasi untuk melakukan pelaporan gangguan atau kerusakan sarana prasarana yang terdapat pada divisinya masing – masing. Adapun fitur dari admin unit adalah sebagai berikut :
- Membuat Pengaduan kerusakan/gangguan sarana prasarana yang terjadi pada lingkungan kerja masing – masing
- Melihat riwayat pengaduan baik itu pengaduan yang belum diproses, sedang diproses, berhasil diperbaiki dan belum berhasil diperbaiki
- Mengatur identitas unit/divisi seperti nama unit dan kode unit
- Melihat laporan riwayat pengaduan secara realtime pada icon notifikasi bila pengaduan berhasil diperbaiki
- Melakukan konfirmasi berhasil diperbaiki, jika petugas sudah berhasil memperbaiki
Petugas
Petugas atau Divisi Teknisi yang menangangi gangguan, ketika ada salah satu divisi / unit yang mengalami gangguan, maka mereka akan melihat pemberitahuan pengaduan secara realtime pada notifikasi untuk selanjutnya diambil tindakan penangan secara langsung. Adapun fitur yang terdapat pada petugas adalah sbb :
- Melihat pengaduan yang masuk dari setiap unit secara realtime
- Memproses pengaduan, baik itu tindakan dengan status sedang diproses, berhasil diperbaiki atau tidak berhasil diperbaiki
- Melihat semua daftar petugas / teknisi yang bertugas untuk melakukan perbaikan
Kepala Bagian (Kabag)
- Melihat semua pengaduan yang masuk baik itu yang belum diproses, sedang, berhasil diperbaiki atau tidak
- Mendownload laporan yang masuk baik itu yang belum diproses, sedang, berhasil diperbaiki atau tidak
Support :
PHP 5 s.d 7+, MySQL/MariaDB
Metode / Gaya Penulis Kode :
PHP OOP
Framework Template:
AdminLTE
Video Review
Bagi yang berminat ataupun tertarik untuk menggunakan Aplikasi Manajemen Laporan Kerusakan Sarana dan Prasarana Berbasis Web ini, bisa menghubungi saya melalui halaman contact us. atau Hub saya di WA : Chat Langsung